jayawanproperty.com- Fotografi alam liar merupakan aktivitas fotografi yang dilakukan di lapangan dan berkaitan erat dengan elemen alam seperti kehidupan bebas hewan, tanaman dan pemandangan alam serta tekstur. Kegiatan fotografi ini ditujukan untuk menangkap foto aksi hewan, seperti makan, berkelahi, atau terbang. Meskipun seringkali diambil dalam alam liar, daerah pertanian juga sering menjadi lokasi untuk pemotretan fotografi alam liar.

Teknik yang digunakan sangat berbeda dengan fotografi landscap seperti penggunaan aperture yang besar untuk mendapatkan kecepatan rana, pergerakan obyek dan latar belakang yang kabur serta sebuah momen yang pas. Sementara itu pada fotografi landscap lebih menggunakan aperture kecil.

Yang dibutuhkan seorang fotografer profesional untuk fotografi alam liar tidak hanya bergantung pada kamera dan skill-nya, namun ia membutuhkan sebuah momen yang tepat untuk menangkap sebuah adegan terbaik.

foto 6 tahun

Image By: Google.com

Contohnya adalah Alan McFadyen, seorang fotografer kehidupan di alam bebas yang berasal dari Swedia. Untuk membuat sebuah foto seekor burung cekakak atau kingfisher yang sedang mencoba untuk menyelam dan menangkap ikan, ia membuthkan waktu sekitar enam tahun demi menciptakan hasil foto yang sempurna. Menurut McFadyen, dia butuh sekitar 4.200 jam dan 720.000 jepretan untuk mendapatkan sebuah foto sempurna dari seekor cekakak yang menyentuhkan paruhnya ke permukaan air, tepat sebelum menyelam untuk menangkap ikan.

Menurut McFadyen mengatakan kepada Herald Skotlandia bahwa ia membutuhkan waktu yang tepat serta keberuntungan yang sempurna untuk menciptakan foto tersebut. “Saya sudah biasa mengambil sekiar 600 foto dalam sekali sesi tetapi tidak ada satu pun yang bagus. Namun setelah menghasilkan dan melihat kembali ribuan hasil foto, saya mendapatkan yang terbaik dan membuat saya sadar seberapa besar usaha yang telah saya berikan untuk mendapatkannya,” ujar McFadyen.

Cerita ini tentunya sebuah inspirasi bagi Anda dan pecinta fotografi  khususnya di Cirebon bahwa dibutuhkan lebih dari sekedar kekuatan kamera dan kemampuan berfoto yang mumpuni. Seorang fotografer yang baik adalah mereka yang mau memberikan pengorbanan besar untuk mendapatkan hasil yang sempurna

49 Total Views 11 Views Today