jayawanproperty.com – Kota Cirebon kembali menjadi kota yang menyelenggarakan ajang olahraga berskala nasional. Kali ini Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Bola Basket kelompok usia (KU) 18 digelar di GMC Arena Kota Cirebon. Kejuaraan yang dimulai Senin (16/1) sampai Minggu (22/1) ini diikuti oleh beberapa provinsi di Indonesia.

Untuk kategori putra, diikuti tim dari provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Jakarta, Yogyakarta, Banten, Bangka Belitung, Sulawesi Utara, dan Jawa Tengah. Sementara untuk kategori putri provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Jakarta, Yogyakarta, Banten, Riau, Sulawesi Utara, dan Jawa Tengah. Dalam acara pembukaan Kejurnas Bola Basket KU 18 kemarin (16/1), dihadiri langsung oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP PERBASI) Danny Kosasih dan Ketua Umum KONI Kota Cirebon Wati Musilawati. Menurut Danny, saat ini perkembangan bola basket tanah air di tingkat pelajar terus mengalami peningkatan, itu terbukti dengan Tim Nasional basket putri usia 18 tahun pada tahun lalu menjadi juara di level kedua tingkat Asia yang di tahun ini akan mengikuti kompetisi level 1 Asia. “Animo pecinta basket saat ini sangat meningkat sekali, anak umur 10 sampai 14 tahun sangat banyak sekali yang mengikuti kompetisi basket. Diharapkan dengan peningkatan ini akan disikapi PERBASI bagaimana basket menjadi salah satu industri olahraga di Indonesia.” ujar Danny.

Danny Kosasih, Ketua Umum PP PERBASI
Danny Kosasih, Ketua Umum PP PERBASI

Ia juga menjelaskan alasan dipilihnya Cirebon sebagai tuan rumah ajang Kejurnas KU 18. “Cirebon memiliki gor basket yang sangat memenuhi standar Kejurnas. Selain itu diadakan di Cirebon juga untuk lebih menyebarkan minat masyarakat terhadap olahraga basket.” terangnya. Sementara untuk ajang Sea Games mendatang Indonesia menargetkan 1 emas dan 1 perak untuk olahraga bola basket. “Target kita meraih emas untuk putrid dan perak untuk putra.” jelas Danny.

Bola basket mulai berkembang beberapa tahun belakangan ini, olahraga asal Amerika serikat ini menjadi populer dengan didukung perkembangan koneksi internet yang bisa menyiarkan live streaming pertandingan NBA. Hal ini juga merupakan pengaruh bagi perkembangan olahraga basket di Tanah air, karena masyarakat bisa melihat para bintang NBA berlaga dan menginspirasi mereka untuk lebih berkembang seperti para super strar NBA seperti LeBron James, Stephen Curry hingga James Harden yang belakangan ini menunjukan permainan yang sangat mengagumkan.

34 Total Views 1 Views Today