jayawanproperty.com – Maraknya berita HOAX atau berita yang tidak jelas kebenarannya yang belakangan ini sedang ramai tersebar di berbagai media membuat Dandim 0614 Kota Cirebon Letkol Inf H Suharma Zunam angkat bicara. Ia mengajak seluruh masyarakat Kota Cirebon untuk cerdas dan tidak terpancing terhadap berita hoax, dimana jika masyarakat terpancing terhadap berita hoax maka dapat memicu perpecahan dan kekacauan.

Letkol Inf H Suharma Zunam mengatakan, di Kota Cirebon berita hoax tidak separah di kota lain karena sinergitas para Muskompinda Kota Cirebon yang begitu erat serta masyarkat yang cukup cerdas dalam memilih keakuratan informasi hingga para ormas dan oraganisasi kepemudaan yang dapat dikendalikan dengan baik. “Alhamdulillah ormas dapat kita kendalikan dengan baik. Jangan terlalu mudah percaya suatu permasalahan, jangan terlalu percaya terhadap informasi yang belum tentu kebenarannya.

Dandim 0614 Kota Cirebon Himbau Cerdas Tanggapi Berita Hoax
Dandim 0614 Kota Cirebon Himbau Cerdas Tanggapi Berita Hoax

Dalam ajaran islam diperintahkan untuk tabayun yaitu mencari informasi terlebih dahulu” ujar Zunam. Ia melanjutkan, berita hoax yang sering muncul khusunya di media sosial, disebarkan bukan hanya oleh orang Indonesia saja, melainkan banyak juga orang asing yang ikut menyebarkan kabar hoax dengan bertujuan untuk memecah belah bangsa Indonesia. “Seperti diketahui bangsa Indonesia kaya akan sumber daya alamnya. Mereka (orang asing) akan berusaha untuk mengambil kekayaan yang kita miliki dengan cara memecah belah bangsa Indonesia” jelasnya.

Ia menghimbau kepada masyarakat Kota Cirebon untuk lebih kompak dalam menyikapi suatu perubahan di daerah lingkungan. “Dalam menyikapi suatu  perubahan di daerah atau dilingkungan jangan menggunakan emosi. Lebih baik tanyakan dulu kepada yang lebih kompeten” pungkas Zunam.

84 Total Views 2 Views Today