Menerapkan Pola Hidup Sederhana

Susan
  • 2 tahun
  • 2017
  • 0

Related Post

 

Penulis : Euis Komalasari

Pelajar SMKN 1 Lemahabang

 

Sebenarnya hidup itu simple tergantung bagaimana kita menjalaninya. Setiap orang memiliki selera berbeda tentang gaya hidup. Ada yang senang dengan kesederhanaan, namun banyak juga yang senang dengan gaya hidup mewah.

Gaya hidup merupakan sebuah tampilan, seperti cover sebuah buku, terkadang tidak selalu menggambarkan persis isinya. Ada orang kemampuan finansialnya biasa-biasa saja, tapi tampil bergaya mewah menutupi kekurangannya atau memang itu merupakan gaya hidup yang dia pilih. Sementara ada juga yang memang tergolong kaya raya dan menjalani gaya hidup mewah dengan menampilkan kemakmuran yang dimilikinya. Sementara ada juga orang kaya raya, tapi memilih hidup sederhana dan mereka merasa nyaman dengan kesederhanaan tersebut.

Di jaman modern ini, semuanya serba mahal mulai dari sembako, biaya hidup, dan lain sebagainya. Apalagi kebutuhan terhadap manusia semakin bertambah setiap harinya. Sekarang ini uang sangat penting untuk kehidupan. Dengan memiliki banyak uang akan sangat berguna bila kita mampu mengelolanya dengan cermat.

Berusaha hidup sederhana akan membuat kita lebih menikmati apa yang ada saat ini, karena tidak terlalu khawatir akan masa depan atau opini negatif orang lain. Hidup itu patut kita syukuri. Berkacalah pada mereka yang tidak mempunyai tempat tinggal, bahkan harus menahan lapar karena sulitnya mencari uang.

 

Mengingat pentingnya berhemat, berikut ini cara hidup hemat yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Menerapkan Pola Hidup Sederhana

Tidak berlebihan, contohnya makan apa adanya dan lain-lain. Perilaku sederhana bisa diterapkan kepada anak kecil sejak dini agar mereka bisa membiasakan hidup sederhana.

  1. Disiplin dalam Menabung

Kita harus membiasakan disiplin menabung, contoh ketika kita mendapatkan uang bulanan rumah tangga sebaiknya disisihkan sebagian.

  1. Kebutuhan atau Keinginan

Kita harus bisa mengelola keuangan dengan baik agar tidak boros. Kita harus memprioritaskan kebutuhan dibanding keinginan yang sifatnya kepuasan sementara.

 

Sumber :

https://www.cermati.com/artikel/11-cara-hidup-hemat-yang-dapat-anda-lakukan

https://sufimuda.net/2014/09/23/gaya-hidup-sederhana/

Shares
Share This