jayawanproperty.com – Sejarah musik dangdut dimulai pada tahun 1968. Genre musik ini sangat populer, karena vokal dan instrumennya yang digunakan sangat melodis, terutama tabla. Musik berirama rancak ini berakar dari genre Malay, Hindustani dan juga Arab yang dibawa oleh para pedagang Gujarat. Pada tahun 635, banyak saudagar Arab datang ke Indonesia. Meskipun tujuan awal mereka adalah berdagang,  mereka juga memperkenalkan seni Qasidah.

Pada tahun 1870, muncul tren musik baru bernama gambus. Bentuk alatnya seperti gitar, tapi bersuara rendah. Gambus kemudian berkembang bersamaan dengan migrasi orang-orang Arab dari marga Hadramaut dan Mesir, setelah dibukanya terusan Suez. Hingga awal abad ke-20, lagu dengan iringan gambus jadi sangat terkenal di kalangan masyarakat Arab-Indonesia.

Sejarah musik dangdut dimulai pada tahun 1968. Genre musik ini sangat populer, karena vokal dan instrumennya yang digunakan sangat melodis, terutama tabla.

Mengikuti perkembangan musik gambus, pada tahun 1940 muncul musik melayu deli di Sumatera Utara. Musik melayu deli ini lebih kental malay nya. Namun dapat berkembang ke Jakarta bersamaan dengan munculnya Orkes Melayu. Pada tahun 1950, aliran musik Amerika Latin yang dibawa oleh Edmundo Ros, Xavier Cugat, Perez Prado, dan Los Panchos masuk ke Indonesia. Musik ini juga kemdian menjadi akrab ditelinga orang Indonesia.

qasidah mesir fukaha -foto : ahmad-baqi

Sebenarnya tanda-tanda datangnya dangdut sudah muncul sejak lahirnya musik melayu deli. Hal ini terjadi karena beberapa orang bereksperimen dengan aliran musik lain yang ada di Indonesia, salah satu contohnya musik latin dan India.

Pada tahun 1968 akhirnya musik dangdut mulai benar-benar lahir. Dan dalam perjalanannya, salah satu tokoh kunci musik dangdut adalah Rhoma Irama. Dua tahun kemudian mulai muncul nama-nama yang sampai sekarang masih terkenal seperti Mansyur S., A. Rafiq dan Muchsin Alatas. Pada tahun 1970  dangdut menjadi jauh lebih modern. Gitar listrik, perkusi, saksofon, dan organ elektrik ikut mewarnai. Pengaruh musik rock dari barat ikut membentuk cara permainan gitar dangdut. Pada tahun 2000, Dangdut sudah mampu bermetamophosis dalam blantika musik di tanah air, dengan munculnya dangdut koplo. Baru setelah tahun 2002 varian ini mulai menggoyang kancah dunia musik. Ini akibat mulai maraknya vcd bajakan yang luar biasa murah. Dangdut koplo selalu menjadi alternatif hiburan bagi masyarakat menengah kebawah.  Terlepas dari seluruh kontroversinya, dangdut koplo sebagai variasi tetap bisa hidup hingga saat ini.

 

 

Oleh, gustian

@Diambil dari berbagai sumber