jayawanproperty.com – Kudu coba mengkudu agar tidak terkena kanker. Dibilang jelek, buah dari Asia Tenggara ini memang kurang menarik. Sudah begitu aroma dan rasanya juga tidak mengenakkan. Tapi di balik itu semua, manfaat mengkudu ternyata sangat super bagi kesehatan. Sudah banyak kajian yang dilakukan, khususnya untuk mencari khasiat lain dari buah ini. Mengkudu diyakini dapat mencegah tumbuhnya kanker.

Di Jawa, mengkudu biasa juga disebut buah pace. Buah ini berbentuk lonjong dan berbintik-bintik. Mengkudu atau pace sejauh ini kerap ditemukan tumbuh liar. Namun belakangan setelah penelitian membuktikan faedah mengkudu bagi kesehatan, beberapa orang telah berusaha secara sengaja menanam bahkan membuat perkebunannya.

Foto : youtube

Sejumlah laman menunjukkan, pada buah mengkudu terdapat zat antikanker. Di dalam mengkudu juga terdapat antibakteri penyebab infeksi.

Dibilang jelek, buah dari Asia Tenggara ini memang kurang menarik. Sudah begitu aroma dan rasanya juga tidak mengenakkan. Tapi di balik itu semua, manfaat mengkudu ternyata sangat super bagi kesehatan.

Mengkudu juga kaya beragam nutrisi seperti protein, vitamin, mineral, selenium, dan senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan tubuh. Kemudian terdapat juga zat terpenoid yang dapat memulihkan sel-sel tubuh, scolopetin untuk mencegah peradangan dan anergi, zat iridoid, kandungan serat, asam kapril, dan metil asetil.

Orang yang memiliki tekanan darah tinggi dapat mengkonsumsi buah mengkudu untuk mengatasinya. Tindakan terbaik, tentu saja, mengkonsumsi mengkudu dibarengi dengan pengecekan rutin terhadap tekanan darah. Sebab tekanan darah yang lebih rendah dari batas normal pun dapat menimbulkan gangguan.

Mengkonsumsi buah mengkudu sangatlah mudah. Dapat dimakan langsung setelah dibersihkan, dibuat jus, atau dimasak seperti sayuran lain.

 

Oleh,Ken nagasi