jayawanproperty.com- Memiliki sebuah bisnis merupakan suatu pencapaian yang sangat membanggakan, karena dengan begitu seseorang mampu mandiri untuk membangun impiannya melalui bisnis yang ia dirikan. Akan tetapi bisnis tidak akan menjadi besar jika tidak dibarengi dengan iklan. Iklan membaut suatu bisnis lebih diketahui oleh orang, bisa dikatakan iklan adalah salah satu bagian terpenting dalam membangun sebuah bisnis.

Iklan merupakan sebuah sarana untuk menawarkan dan menginformasikan sebuah barang atau jasa melalui berbagai media seperti cetak, media elektronik dan media online. Bagi para pelaku bisnis yang baru saja membangun usahanya agak sulit memang untuk beriklan di media konvensional seperti TV, radio atau surat kabar karena harga yang di patok lumayan mahal dan tidak masuk ke dalam budget promotion bisnis tersebut. Namun sejak pesatnya perkembangan media online, para pelaku usaha baru mendapat kesempatan untuk mempromosikan usahanya.

Mengapa sebuah iklan penting bagi bisnis Anda?

Iklan untuk megenalkan merek, produk, dan perusahaan

“Tak kenal maka tak sayang”, kata-kata bijak tersebut memang sangat relevan dengan tujuan periklanan ini, yakni mengenalkan merek, produk ataupun perusahaan kepada konsumen agar mereka dapat mencintai produk yang ditawarkan. Melalui iklan di berbagai media publik akan dikenalkan, diberitahu, dan dijelaskan tentang keberadaan merk, produk maupun perusahaan.

Mendorong prospek untuk mencoba

Iklan yang telah dikenalkan pada masyarakat dan disampaikan dengan persuasive, akan mampu mendorong mereka untuk mencoba menggunakan produk atau merk yang ditawarkan. Dari pengalaman penggunaan produk inilah konsumen akan membandingkan dengan produk-produk sejenis di pasaran. Jika produk yang ditawarkan memang “beda” dengan produk pesaing, tentu ini akan manjadi satu peluang yang menarik bagi perusahaan. Perusahaan dapat terus mendorong agar konsumen tersebut bisa melakukan tindakan membeli dan menjadi pelanggan setia.

Penitngnya sebuah iklan
Penitngnya sebuah iklan

Mendukung terjadinya penjualan

Terjadinya transaksi pembelian produk oleh konsumen merupakan satu hal yang diharapkan oleh perusahaan melalui iklan. Hal ini bisa terjadi ketika konsumen sudah mengenal produk, sudah bisa membedakan produk dengan milik pesaing, dan telah mencoba secara langsung atau tidak langsung produk berupa jasa maupun barang yang dibuat. Rekomendasi dari orang-orang yang pernah mencoba dan menggunakan produk juga menjadi salah satu faktor penting bagi konsumen untuk melakukan pembelian produk yang dibuat perusahaan.

Iklan untuk Memposisikan

Selain untuk mengenalkan produk pada konsumen, iklan juga dapat digunakan untuk memposisikan produk di benak konsumen. Disinilah peran penting iklan dalam membangun posisioning, yakni kemampuan memposisikan produk dengan membedakan diri (diferensiaisi)  dengan produk pesaing.

36 Total Views 2 Views Today