RUMAH SUBSIDI & NONSUBSIDI, Cara Membeli Rumah Tanpa Hutang – Setiap pasangan yang baru menikah, tentu saja memiliki keinginan untuk menempati rumah sendiri, tidak menumpang kepada orang tua atau mertua. Tentu saja untuk mendapatkan sebuah rumah diperlukan biaya untuk membelinya. Jika anda sudah membeli pekerjaan, mungkin dalam beberapa bulan bisa langsung mendapatkan hunian yang diinginkan. Tetapi bila masih pengangguran sulit rasanya untuk bisa cepat memiliki tempat tinggal sendiri. Terkadang juga banyak dari mereka terpaksa berhutang ke rentenir hanya untuk membayar DP orang. Tidak, itu bukanlah sesuatu yang baik. Tidak ada yang menjamin kapan kita akan kembali pada-Nya. Bagaimana cara membeli rumah tanpa hutang? Apakah bisa? Tentu saja bisa. Berikut ini beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk bisa membeli rumah tanpa harus gali lubang dan tutup lubang :

Cara Membeli Rumah Tanpa Hutang

1. Mencicil

Daripada anda berhutang, lebih baik membeli rumah dengan cara dicicil. Dengan mencicil, paling tidak lebih ringan daripada harus langsung membayar cash. Hal ini tentu saja berbeda jika anda harus membayar uang rumah langsung dalam jumlah besar, pasti sangat memberatkan dan bukan tidak mungkin membuat anda menjadi berhutang guna. Banyak sekali agen properti yang menerima pembayaran dengan cara kredit harga terjangkau yang disesuaikan dengan keuangan anda.

2. Membeli dengan Harga Murah

Jangan kedepankan gengsi anda hanya untuk membeli rumah megah dengan harga yang selangit. Lagi pula dana yang dimiliki masih terbatas. Daripada memaksakan diri untuk membeli rumah megah dan ujung-ujungnya berhutang, lebih baik beli saja rumah sederhana dengan harga yang terjangkau.

Yang terpenting rumah tersebut aman dan nyaman untuk ditinggali. Istri dan anak bisa bahagia hidup bersama anda sejatinya itu sudah lebih baik dari cukup ketimbang membeli rumah megah bertingkat tetapi hasil hutang ke rentenir, bank, atau orang lain. Jadi, cobalah cari rumah dengan biaya yang relatif terjangkau untuk tempat tinggal anda bersama keluarga. Alternatif lain, anda bisa dekati agen properti barangkali bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Baca juga 4 Cara Membeli Rumah dengan Gaji Kecil yang Sebaiknya Dilakukan

3. Biasakan Menabung

Menabung merupakan kebiasaan baik yang sebenarnya harus anda lakukan sejak dini. Mungkin semasa kecil anda sering mendapatkan nasihat, menabunglah maka engkau akan menuai hasilnya di masa tua. Nampaknya ucapan tersebut memang benar dan sangat berguna jika benar-benar diterapkan.

Saat masih lajang, cobalah untuk membiasakan diri menabung, jangan gunakan uang untuk kebutuhan yang tidak penting seperti Nongkrong dan mabuk-mabukan. Uang yang ditabung bisa digunakan untuk membeli sesuatu ketika kita membutuhkannya, termasuk membeli rumah. Jika dana tersebut sudah siap, anda tidak perlu berhutang ke bank untuk membayar uang DP ataupun pelunasan rumah.

4. Berinvestasi

Berinvestasi juga tidak kalah penting dengan menabung. Awas jangan salah, investasi itu berbeda dengan menabung. Anda tidak bisa mengambil secara sembarangan benda yang sudah diinvestasikan, berbeda dengan menabung yang bisa diambil kapan saja kalau kita membutuhkannya.

Investasikan uang anda pada investasi yang aman, jangan yang bodong dan abal-abal. Supaya ujung-ujunya tidak merasa kecewa. Beberapa contoh investasi terpercaya adalah koinworks yang sudah terdaftar OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Lihat juga PURI ASRI 2 CILEUNGSI

Penutup

Apapun alasannya, berhutang apabila untuk membeli sesuatu yang besar seperti rumah sangat tidak dianjurkan. Pelunasannya pasti membutuhkan biaya yang lebih besar lagi karena termasuk bunga didalamnya. Apalagi bila anda seorang kepala keluarga, beban hidup akan semakin besar. Karena hal itulah, cobalah cara membeli rumah tanpa hutang yang sudah kami jelaskan diatas, semoga bermanfaat bagi pembaca.

Bagikan ini