Slot Gacor – Memang benar adanya, memulai usaha baru bukanlah perkara yang mudah, berbagai tantangan dalam membangun dan mengembangkan usaha harus benar-benar fokus. Belum lagi adanya persaingan pasar yang turut mewarnai. Maraknya pertumbuhan usaha saat ini, ternyata berhasil menciptakan persaingan pasar yang cukup ketat. Keadaan ini tentu memaksa para pengusaha menggunakan berbagai cara dalam mengetrapkan strategi pemasaran mereka.

Banyak banyak cara agar tidak kalah dalam bersaing. Kita masih mampu bertahan bahkan berkembang ditengah persaingan pasar yang semakin ramai.

Persaingan pasar kadang kita perlukan karena selain memang bukan hal yang baru, juga akan membuat kita selalu inovatif dalam berusaha. Untuk mengetahui bagaimana cara menghadapi persaingan pasar?  Berikut beberapa tips yang mungkin dapat digunakan untuk memenangkan pasar.

 

  1. Amati pasar dan kenali pesaing Anda.

Dua hal ini adalah pokok. Terlalu bodoh jika anda hanya memperhatikan bagaimana untuk berproduksi, tanpa melihat peluang pasar dan competitor.

  1. Ciptakan produk yang berbeda.

Hal ini penting, karena attensi konsumen atau beralih keproduk anda jika anda bisa memberikan sesuatu yang berbeda dengan yang sudah ada.

  1. Tonjolkan keunggulan produk Anda.

Disini pentingnya analisis SWOT(strange,weakness,Opportunity,Thread). Pemahaman akan produk membuat anda dapat memposisikan dimana pasar akan menyerap.

  1. Pelajari kelebihan dan kelemahan pesaing.

Ini dilakukan jika anda punya waktu agak longgar, karena pengamatan memerlukan aktifitas yang tidak sedikit. Ada beberapa metode yang dapat digunakan dalam membuat data survey produk pesaing.

  1. Menawarkan harga yang bersaing.

Ini memang terdengar klise. Harga memang dapat menjadi daya tarik dalam bersaing, namun jika hal ini dilakukan perlu kajian yang mendalam, karena kegagalan pasar akan dapat terjadi dengan kita meletakan standart harga yang telalu rendah. Apalagi, saat ini konsumen sudah cukup cerdas dalam bersikap atas sebuah produk.

  1. Buatlah event untuk mempromosikan produk Anda.

Cara konvesional yang kadang memberikan dampak positif secara langsung. Event adalah bentuk pengumpulan masa dengan berbagai kegiatan yang mengarah pada produk.

 

Semoga beberapa tips diatas, dapat membantu anda menghadapi persaingan pasar. Selalu lakukan inovasi untuk menciptakan strategi pemasaran bagi bisnis Anda. Selamat mencoba dan salam sukses.

Oleh : Arif Agustian