jayawanproperty.com  Nasi lengko  merupakan  makanan khas masyarakat pantai utara tepatnya Cirebon. Makanan khas yang sederhana ini kaya akan protein dan serat serta rendah kalori, karena bahan-bahan yang digunakan merupakan 100% bahan  non-hewani sangat cocok bagi pecinta vegetarian ,dengan Bahan-bahan utama yang digunakan antara lain, Nasi putih, tempe goreng, tahu goreng, mentimun, tauge , daun kucai, bawang goreng, bumbu kacang, dan kecap manis, umumnya kecap manis yang digunakan adalah kecap manis encer, bukan yang kental.

Cara membuatnya pun cukup mudah, tempe dan tahu goreng dipotong-potong kecil dan diletakkan di atas sepiring nasi. Kemudian mentimun dicacah, lalu taburkan mentimun serta  toge rebus ke atas sepiring nasi yang sudah diberi potongan tahu dan tempe, setelah itu  siram bumbu kacang di atasnya, dan potongan daun kucai, lalu diberi kecap secukupnya sampai kecoklatan, dan ditaburi bawang goring beserta kerupuk aci  putih. Dengan langkah demikian anda sudah bisa menikmati Kuliner khas Kota Udang tersebut.

Makanan yang sehat ini akan mudah kita jumpai di kota cirebon Sepanjang hari, baik yang menetap maupun berkeliling, Makanan rakyat ini sangat digemari karena harganya yang murah dan mudah didapat, Dengan Tambahan tempe dan tahu yang kaya akan protein nabati, sangat baik sebagai pengganti dari daging mengingat harga nya yang semakin melambung. Ditambah dengan Mentimun dan toge yang kaya akan vitamin, Yang sangat cukup untuj memenuhi kebutuhan vitamin sepanjang hari.

Dengan harga 5.000 saja kita sudah dapat menikmati santapan yang nikmat dan sehat ini, Disarankan Jika anda ingin menikmati makanan ini agar menjadikanya menu makan siang dengan kandungan gizi, protein dan vitamin yang tinggi akan segera menggantikan energi yang terkuras dan dapat menjaga stamina

Nasi Lengko 500X500
Image By: Google.com

Berikut adalah kandungan gizi yang terdapat dalam sepiring Nasi Lengko:

  1. Karbohidrat terdapat dalam nasi putih, merupakan sumber energi
  2. Tahu tempe yang merupakan antioksidan yang baik bagi tubuh dan dapat mengurangi resiko penyakit jantung
  3. Kacang yang berprotein tinggi, zat besi, vitamin B kompleks, fosfor, omega 3 yang merupakan lemak tak jenuh
  4. Mentimun yang kaya akan serat, vitamin A, B1, B2, C, dan asam manolat yang baik untuk tubuh
  5. Kubis yang merangsang pembentukan glutation, yaitu zat yang diperlukan untuk menonaktifkan zat beracun dalam tubuh manusia, dan masih banyak lagi kandungan-kandungan gizi yang terdapat dalam Nasi Lengko.

Walaupun terlihat sederhana makanan khas ini syarat dengan protein dan serat juga makanan rendah kalori, karena bahan-bahan untuk membuat nasi lengko adalah 100% non- hewani.

Nasi lengko juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, diantaranya karbohidrat yang terkandung dalam nasi putih, antioksidan yang baik bagi tubuh dan dapat mengurangi resiko penyakit jantung terdapat dalam tempe.

562 Total Views 2 Views Today