jayawanproperty.com– Peluang masyarakat untuk melakukan studi keluar negri semakin terbuka lebar Setiap tahun, program beasiswa Mitsui-Bussan memberi kesempatan kepada lulusan SMA/sederajat untuk menempuh studi sarjana di Jepang. Beasiswa ini bersifat penuh, bahkan menyokong kebutuhan belajar bahasa bagi penerimanya.

Lulusan SMA/sederajat dari lulusan apa pun bisa mendaftar selama usia mereka di bawah 20 tahun per 1 April. Jika lulus seleksi, penerima beasiswa juga tidak boleh menikah hingga selesai masa studi.

Pelamar harus memiliki nilai rapor yang baik selama sekolah. Syarat nilai rata-rata minimal 70 berlaku untuk mata pelajaran matematika, fisika, kimia dan bahasa Inggris bagi lulusan jurusan IPA. Sedangkan bagi lulusan jurusan IPS, syarat tersebut berlaku untuk mata pelajaran matematika, ekonomi, geografi dan bahasa Inggris. Pelamar juga biasanya akan diminta menyertakan data nilai ujian nasional (UN) dan surat rekomendasi sekolah.

Beasiswa ini terbuka untuk berbagai program studi, baik di bidang sains dan teknik maupun sosiohumaniora. Namun, pelamar harus bersedia belajar bahasa Jepang dan menjalani perkuliahan dalam bahasa tersebut. Karena itu, durasi pemberian beasiswa adalah 5,5 tahun, yaitu empat tahun masa studi dan 1,5 tahun belajar bahasa Jepang.

beasiswa jepang 500X500

Image By: Google.com

Jika lolos seleksi, penerima beasiswa berhak atas uang 145 ribu yen sebagai tunjangan biaya hidup bulanan. Penerima beasiswa juga akan mendapat biaya kepindahan 50 ribu yen saat baru pertama kali datang ke Jepang. Donatur  juga akan menanggung tiket pesawat dari Indonesia ke Jepang saat memulai studi dan dari Jepang ke Indonesia setelah studi rampung.

Biaya lain yang akan ditanggung donatur adalah uang kuliah, akomodasi, transportasi sehari-hari serta biaya lain penunjang perkuliahan. Fasilitas tambahan yang akan didapat penerima beasiswa adalah asuransi kesehatan.

Pendaftaran program dilakukan secara online dan melalui pos. Periode pendaftaran dibuka pada 1 Februari hingga 4 Maret 2016. Jangan lupa untuk mengirimkan berkas lamaran setelah melengkapi pendaftaran online, Informasi lengkap bisa disimak di laman Mitsui Bussan Scholarship Program for Indonesia.

54 Total Views 4 Views Today