Slot Gacor – Kota Cirebon merupakan kota tua yang menyimpan banyak peradaban islam, hal itu disebabkan banyaknya peninggalan-peninggalan sejarah. Cirebon juga menjadi salah satu tempat persinggahan bagi masyarakat yang sedang berlibur baik dari dalam Cirebon maupun luar Cirebon.

Selain dijuluki sebagai “Kota Udang”, Cirebon juga memiliki keistimewaan yang sangat menarik mulai dari budaya, kesenian, kuliner dan wisatanya. Cirebon juga mempunyai bahasa yang cukup unik, yaitu bahasa Jawa dan bahasa Sunda. Tak heran jika Cirebon menjadi kota yang menarik untuk dikunjungi.

Cirebon dikenal sebagai destinasi wisata dan tempat bersejarah. Nah, jika Anda berwisata ke Cirebon, tak lengkap rasanya jika Anda tidak mengunjungi wisata di Cirebon salah satunya Keraton Kasepuhan Cirebon.

Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan merupakan keraton tertua dan pertama di Cirebon dibanding dengan keraton lainnya yang ada di Cirebon. Keraton Kasepuhan merupakan tempat bersejarah yang masih aktif hingga sekarang. Bahkan sering dijadikan sebagai tempat wisata atau acara muludan.

Keraton Kasepuhan didirikan pada tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II (cicit dari Sunan Gunung Jati) yang menggantikan tahta dari Sunan Gunung Jati pada tahun 1506. Di depan Keraton Kesepuhan terdapat alun-alun yang pada waktu zaman dahulu bernama Alun-alun Sangkala Buana yang merupakan tempat latihan keprajuritan yang diadakan pada hari sabtu atau istilahnya pada waktu itu adalah Saptonan.

                        scoopsofjoy.com

Bagian dalam keraton ini terdiri dari bangunan utama yang berwarna putih, didalamnya terdapat ruang tamu, ruang tidur dan singgasana raja. Keraton Kasepuhan memang mempunyai berbagai ragam hias budaya diantaranya upacara adat seperti syawalan gunung jati, ganti welit, muludan, rajaban dan lain sebagainya.

Selain itu Keraton Kasepuhan juga memiliki musium yang cukup lengkap dan berisi benda pusaka dan lukisan koleksi kerajaan. Salah satu koleksi yang di keramatkan yaitu Kereta Singa Barong. Kereta Singa Barong saat ini tidak lagi dipergunakan dan hanya dikeluarkan pada tiap 1 syawal untuk di mandikan.

Keraton Kasepuhan terletak di Jl. Kasepuhan No.43, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45114, Indonesia. Biasanya setiap weekend banyak yang berwisata. Tarif masuk ke Keraton Kasepuhan ini untuk wisatawan domestik dewasa Rp. 20.000, dan untuk pelajar Rp.15.000, dan untuk wisatawan asing Rp. 70.000.

 

Penulis : Euis Komalasari

 

Sumber :

http://travel.kompas.com/read/2015/06/13/152700927/Kota.Cirebon.Menyimpan.Keunikan.dan.Keindahan

http://rizkidinda.blogspot.co.id/