Jangan Biarkan Mata Menjadi Korban dari Pekerjaanmu

Di era perkembangan teknologi yang semakin cepat, semakin bergantung pula kita terhadap teknologi. ‘Jaman now’ setiap hari kita semakin tidak bisa lepas dari yang namanya smartphone atau komputer, baik dekstop maupun laptop untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Kamu tentu tahu bahwa menghabiskan waktu lebih dari 5 jam di depan monitor itu tidak sehat. Apalagi kalau pekerjaan mengharuskanmu untuk memelototi monitor komputer sampai 9 jam sehari! Mata mungkin bisa sakit atau menjadi sangat lelah.

Mata lelah atau ketegangan mata akibat terlalu lama di depan komputer umum terjadi. Gejala umum mata lelah biasanya berupa gatal-gatal, dan mata terasa panas. Tapi jarang sekali jadi kondisi yang serius, meskipun sangat mengganggumu.

Terkadang mata lelah menjadi tanda kondisi tertentu yang mungkin membutuhkan penanganan medis. Jika hal ini terjadi berkepanjangan kamu bisa pergi ke dokter untuk melakukan pengobatan. Jangan mengabaikan mata lelah yang tak kunjung sembuh, karena ini bisa saja berhubungan dengan sakit kepala atau masalah mata seperti penglihatan ganda, sampai perubahan signifikan pada penglihatanmu.

Mengapa Mata Lelah setelah Berlama-lama Menatap Komputer?

Mata lelah karena terlalu lama berada di depan komputer biasanya disebut sebagai sindrom penglihatan komputer atau computer vision syndrome. Kondisi ini mempengaruhi 50-90% pekerja yang mengggunakan komputer. Waw, banyak sekali ya! Bahkan sekitar 10 juta orang melakukan pemeriksaan mata setiap tahunnya terkait sindrom ini.

Terlalu lama di depan komputer dan perangkat digital lainnya membuat kita berkedip lebih sedikit, padahal umumnya seseorang berkedip 18 kali dalam satu menit. Sebuah studi mengatakan bahwa seseorang yang menggunakan komputer atau perangkat digital lainnya hanya berkedip 9 kali semenit, ya hanya setengah dari normalnya. Hasilnya, mata jadi kering, lelah, gatal-gatal, dan terasa panas.

Gejala Mata Lelah

Secara umum gelaja mata lelah diantaranya mata iritasi atau tegang, sulit untuk fokus, mata kering atau basah, penglihatan ganda atau kabur, meningkatnya sensitivitas terhadap cahaya, serta nyeri di leher, pundak, atau punggung. Gejala-gejala tersebut dapat mengurangi produktivitasmu sehari-hari termasuk dalam bekerja.

Tips Mencegah Kerusakan Mata meski Seharian di Depan Komputer

Untuk mencegah hal ini sebenarnya cukup mudah. Cukup mengubah kebiasaan beraktivitas, bekerja di kantor atau lingkunganmu.

Buat Monitormu ‘Bersahabat’

  • Letakkan sekitar 50-60 cm dari mata kamu
  • Bersihkan debu dan sidik jari dari monitor. Noda yang ada dapat mengurangi kontras dan meningkatkan cahaya dan refleksi
  • Pilihlah monitor yang dapat dimiringkan dan diputar
  • Pertimbangkan untuk menggunakan filter cahaya

Ubah Lingkungan Kerjamu

  • Sesuaikan penerangan ruangan agar jangan sampai terlalu terang maupun gelap, atau ada pantulan cahaya di layar komputer
  • Gunakan kursi yang dapat diatur ketinggiannya

Jangan Hanya Kerja!

  • Cobalah melakukan aturan 20-20-20, setiap 20 menit lihatlah sesuatu yang jaraknya 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik.
  • Pasang note yang bertuliskan “berkedip” atau apapun itu untuk menjadi pengingatmu
  • Tetapkan waktu istirahat yang rutin dan menjauhkan diri dari komputer untuk sementara

Lakukan Perawatan Kecil pada Mata

  • Kompres mata yang lelah atau kering dengan handuk hangat (saat mata tertutup)
  • Gunakan tetes mata untuk menyegarkan saat mata terasa kering
  • Untuk membantu mencegah mata kering saat bekerja di dalam ruangan, gunakan pembersih udara untuk menjadi filter debu dan meningkatkan kelembapan udara.

Penulis : Afip Maulana

Shares
Share This