Slot Gacor – Budidaya ikan merupakan usaha pemeliharaan atau kegiatan produktivitas perairan yang dihasilkan oleh individu atau kelompok dari mulai pembenihan, pembesaran dan pengolahan disegala aspek akuatik sehingga menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Mengapa ternak ikan menguntungkan? Karena saat ini ikan banyak digemari masyarakat untuk dikonsumsi, permintaan ikan pun sangat meningkat. Dengan begitu semakin banyak orang yang mencoba menjadi peternak ikan. Berikut adalah beberapa keuntungan budidaya ikan :

  1. Dapat membantu ketersedian ikan konsumsi.
  2. Mendapat keuntungan besar
  3. Mudah untuk mendapatkan ikan segar.
  4. Budidaya ikan bisa dijadikan usaha sampingan

Menjadi peternak ikan memang tidak mudah, seringkali pembudidaya ikan yang masih pemula mengalami kegagalan. Banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi, seperti lingkungan yang kurang baik, cuaca yang tidak stabil, dan kurangnya pemahaman budidaya ikan. Namun tidak ada salahnya bukan jika kita mencoba, apalagi sudah kita ketahui keuntungan yang menggiurkan dari usaha budidaya ikan  ini.

Jika ingin mencoba, kamu bisa memanfaatkan lahan kosng dekat rumah untuk dijadikan kolam ikan. Belajarlah terlebih dahulu kepada yang sudah berpengalaman agar kamu memiliki sedikit ilmu tentang bagaimana cara budidaya ikan yang baik. Jika kamu berhasil, pindahlah ke tempat yang lebih luas sehingga kamu bisa menanam ikan lebih banyak lagi.

Budidaya ikan air tawar dalam kolam didominasi oleh ikan mas, lele, patin, nila, dan gurame. Lima jenis ikan tersebutlah yang sangat diminati pasar dan masyarakat, karena selain untuk dikonsumsi sendiri, ikan-ikan tersebut bisa diolah untuk berbagai masakan yang bisa dijadikan menu di warung-warung makan bahkan restaurant besar. Karena itulah permintaan ikan selalu meningkat.

Seperti keuntungan pada poin ke empat, budidaya ikan bisa dijadikan usaha sampinan. Mengapa dikatakan seperti itu? karena waktu panen ikan yang cukup lama, kita bisa menjalani usaha yang lain sambil menunggu ikan siap dipanen. Dengan begitu selain bisa mengkonsumsi ikan segar yang kaya vitamin, penghasilan kita juga bisa bertambah.

Penulis: Helda Damayanti

Pelajar SMKN 1 Lemahabang

Sumber: https://nurhasanblogger.wordpress.com/2015/10/05/kelebihan-dan-kekurangan-dalam-budidaya-ikan/

https://alamtani.com/ikan-air-tawar/