Mengenal Rumah Subsidi Serta Kelebihannya

Mengenal Rumah Subsidi Serta Kelebihannya

 

Perumahan subsidi sudah menjadi pilihan favorit untuk kalangan masyarakat yang ingin mempunyai hunian. Harga property yang terbilang terjangkau membuat orang semakin suka dengan rumah subsidi.

Rumah subsidi sendiri telah di atur oleh pemerintah agar masyarakat yang ingin memiliki rumah mendapatkan kemudahan. Hal ini sesuai dengan kondisi di masyarakat dimana, beberapa dari mereka yang berpenghasilan menengah kesulitan untuk mendapatkan rumah.

Saat ini tingkat kebutuhan hunian sudah tercatat mencapai kisaran 11,4 juta unit. Dan biasanya ada kalangan yang masih juga belum memiliki hunian. Bahkan tidak sedikit tidak bisa membeli rumah karena penghasilannya rendah.

Hal itulah yang membuat pemerintah mengadakan program perumahan subsidi. Pemerintah sendiri membuat program rumah subsidi supaya masyarakat yang tidak berpenghasilan tinggi bisa mencicil dengan biaya yang terjangkau.

Harga Rumah Subsidi berbeda-beda

Namun perlu diketahui juga bahwa rumah subsidi memiliki harga yang berbeda-beda di masing-masing daerah. Saat ini pun pemerintah sudah mempunyai rencana untuk merubah harga rumah subsidi di tahun-tahun berikutnya menjadi lebih rendah dan menyesuaikan peminatnya.

Kelebihan Rumah Subsidi

Kelebihan dari rumah subsidi memang bisa dirasakan oleh masyarakat dan berikut diantaranya:

  1. Harga Terjangkau

Rumah ini bisa dibeli dengan harga yang cukup terjangkau. Hal ini karena pemerintah memberikan subsidi dari pembelian rumah tersebut. Rumah subsidi biasanya diberikan untuk masyarakat dengan gaji yang tidak terlalu tinggi.

Maka dari itu, harga sudahlah pasti menjadi salah satu faktor yang penting bagi mereka yang penghasilannya tidak tinggi. Bahkan biasanya Kemenpora selalu memberikan kisi-kisi harga rumah subsidi.

  1. Developer Yang Bisa Dipercaya

Ada banyak Developer atau pengembang yang bisa diajak kerja sama di dalam program Kementrian Perumahan Rakyat. Bahkan ada Developer yang sudah terdaftar di beberapa asosiasi berupa APERSI dan REI.

Dan Developer sendiri sudah mempunyai beberapa proyek rumah pada kawasan-kawasan lain yang sudah diselesaikan. Hal ini sangat menekan resiko akan adanya Developer yang nakal.

  1. Memiliki Lokasi Yang Potensial

Rumah subsidi yang ada di lokasi industri dan segera berkembang, biasanya akan mempunyai perkembangan yang pesat. Bahkan nantinya lokasi itu akan menjadi lokasi yang cukup strategis ketika akan di huni.

Dan tidak perlu kawatir akan jarak yang jauh karena biasanya jarak hanya berkisar sekitar 7-15 km. Maka dari itu, bagi masyarakat rumah subsidi masih menjadi hunian yang strategis.

  1. Bukan Rumah Inden

Jangan kawatir karena rumah subsidi bukanlah dipegang oleh tangan-tangan nakal. Rumah subsidi ini sudah di atur dengan baik dan tidak ada rumah inden. Bahkan untuk rumah subsidi sudah tersedia tanpa ada gagal bangun.

Cukup menarik bukan? Namun tidak semua orang bisa membeli perumahan jenis ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi jika Anda ingin membeli rumah subsidi.

Syarat Pengajuan KPR Rumah Subsidi

Untuk dapat mengajukan kredit pada perumahan jenis ini, Anda harus memenuhi beberapa syarat yang sudah ditentukan. Berikut ini syarat pengajuannya:

  • Wni usia minimal 21 tahun.
  • Mempunyai pendapatan tetap atau maksimal Rp 4.000.000 bagi tapak rumah dan maksimal Rp 7.000.000 bagi rumah susun.
  • Mempunyai NPWP.
  • Memberikan fotocopy SPT dan PPH.
  • Tidak mempunyai rumah pribadi.
  • Tidak menerima subsidi dari pemerintah dalam proses kepemilikan rumah.

Jika syarat di atas sudah anda penuhi, maka proses untuk mendapat perumahan subsidi bisa berlanjut ke tahap selanjutnya. Dan itulah beberapa penjelasan mengenai rumah subsidi, apabila anda tertarik mungkin ulasan di atas bisa membantu anda dalam membeli rumah.

Lihat Juga Perumahan Puri Asri 2 Cileungsi

sebagai bahan refrensi yang kami rekomendasikan

 

Bagikan ini