Inilah Fitur Terbaru Yang Ada di Windows 10

Inilah Fitur Terbaru Yang Ada di Windows 10

Microsoft secara resmi telah mengumumkan sistem operasi terbarunya, yaitu Windows 10, bukan Windows 9 yang banyak orang pekirakan sebagai penerus dari Windows 8.

Di presentasi singkatnya pada Acara Windows di Sans Fransisco, Microsoft menunjukan fitur-fitur terbaru yang terpasang di sistem operasi anyarnya ini. Berikut penjelasan singkat fitur yang tersedia di Windows 10:

Bangkitnya tombol Start Menu

Setelah mengembalikan tombol “Start Menu” di Windows 8.1, kini pihak Microsoft kembali memunculkan tombol yang sangat terkenal ini di Windows anyarnya. Bukan hanya dimunculkan saja, tetapi Start Menu yang terdapat di Windows 10  memiliki kemampuan bisa diperbesar dan diperkecil ukurannya. Mungkin dengan kembalinya fitur ini bisa menjadi kabar gembira bagi para pengguna Windows yang sudah terbiasa dengan keberadaan tombol ini, mengingat di Windows 8, pihak perusahaan sempat menghilangkannya dan tidak sedikit pengguna yang menginginkan tombol “Start Menu” dimunculkan kembali

Task View untuk keperluan Multi Tasking

Beberapa pekerjaan yang dapat dikerjakan bersamaan atau yang lebih dikenal dengan istilah Multi Tasking, merupakan fitur yang sudah ada di Windows sebelumnya. Di Windows anyar ini pihak perusahaan menambahkan fitur pendukung yang mereka beri nama Task View. Pengguna hanya perlu menempatkan kursor ke bagian bawah layar dan dengan seketika akan muncul tampilan yang menunjukan aplikasi yang sedang dijalankan.

Multiple Desktop

Ketika pengguna menjalankan task view, Windows 10 juga memiliki kemampuan untuk menampilkan lebih dari 1 tampilan desktop. Pengguna dapat berganti tampilan yang menjalankan aplikasi lain menggunakan fitur yang bernama “Snap Assist”. Selai itu, aplikasi tersebut juga dapat dipindahkan ke tampilan lainnya.

Keyboard yang semakin mendukung Command Prompt

Command Prompt yang ada di Windows 10 pun tak ketinggalan mendapat perubahan. Bagi pengguna setia Windows mungkin tidak asing lagi bekerja dengan Command Prompt yang berjalan dibawah mode sistem MS-DOS. Kini, di Windows 10, pengguna bisa melakukan paste menggunakan tombol kombinasi CTRL dan V, yang sebelumnya tidak terdapat di versi Windows sebelumnya. Perubahan kecil tetapi sangat berguna untuk sebagian orang.

Lebih mendukung mode sentuh

Selain merubah tampilan yang lebih mendekati versi lawas, dengan menampilkan tombol Start Menu, Microsoft juga tidak lupa untuk meningkatkan kinerja sistem operasinya di mode layar sentuh. Jika pengguna menyapu layar kekiri, akan muncul tampilan besar Task View dengan tombol yang lebih bersahabat dengan jari.

Fitur lainnya adalah kemampuan untuk berganti mode input tergantung dengan mode apa digunakan, menggunakan layar sentuh atau menggunakan keyboard.

Menggusur Windows Phone

Pihak Microsoft benar-benar memaksa untuk menyatukan sistem operasinya, baik itu sistem operasi desktop maupun sistem operasi mobile. Microsoft sudah memastikan perangkat generasi Windows Phone selanjutnya akan didukung dengan sistem operasi Windows 10 juga. Salah satu fitur yang tidak akan diikut sertakan adalah fitur desktop mode, dikarenakan layar yang tidak mendukung di versi mobile.

Windows Store

Semua aplikasi yang terdapat di Windows Store dapat dijalankan di Windows 10. Windows Store sudah banyak perkembangan semenjak dirilisnya Windows 8. Walaupun begitu, masih ada beberapa aplikasi terkenal yang belum tersedia di sana dan diharapkan bisa lebih baik ketika Windows 10 sudah dirilis.

Aplikasi Windows Store berjalan seperti aplikasi desktop

Salah satu usaha Microsoft untuk membuat antarmuka Metro mereka berjalan layaknya aplikasi desktop, kini aplikasi yang diunduh dari Windows Store akan memiliki kemampuan seperti aplikasi yang biasa kita jalankan di Windows, seperti memiliki title bar, dapat diperkecil dan diperbesar yang memberikan pengguna fleksibilitas untuk mengatur bagaimana aplikasi itu ditampilkan.

Bekerja tanpa batas

Windows 10 pun sangat mendukung untuk pengguna yang bekerja dengan banyak aplikasi dalam satu waktu. Itu dibuktikan dengan kemampuan untuk melihat beberapa aplikasi bahkan melakukan kegiatan di lebih satu aplikasi.

Test Drive

Jika Anda sudah tidak sabar untuk mulai mencoba fitur-fitur Windows 10, Anda bisa mengunduhnya di preview.windows.com. Windows Technical Preview sudah tersedia tanggal 10 Oktober kemarin.

 

Mahadi Perwira
By 2 Oktober 2014, 15:02

Komentar

  • Ferdi

    Microsoft akhirnya munculin tombol start lagi :D