BukaLapak Tingkatkan Sistem Keamanan

jayawanproperty.com – Kejahatan dunia maya atau cybercrime adalah istilah yang mengacu kepada aktivitas kejahatan dengan komputer atau jaringan online. Contoh kejahatan dunia maya kasus pembobolan atau penipuan yang dilakukan di situs – situs e-commerce. Kasus pembobolan akun e-commerce belakangan ini menjadi perhatian yang harus diwaspadai oleh para pelaku e-commerce, salah satunya adalah BukaLapak. BukaLapak yang merupakan situs online marketplace lokal terbesar di Indonesia mengakui, kasus pembobolan akun yang terjadi baru – baru ini membuat BukaLapak meningkatkan kewaspadaan dan standar keamanan layanan BukaLapak.

Seperti dilansir detikInet, CEO BukaLapak Achmad Zaky menanggapi perihal kasus pembobolan akun e-commerce, “Harus semakin hati – hati, saat ini kita sudah menerapkan standar keamanan yang tinggi tapi dengan adanya kasus pembobolan ini kita akan semakin memperketat dan meningkatkan keamanan BukaLapak” ujar Achmad Zaky. Ia berharap usaha dan kerja keras dari tim enginer BukaLapak mampu membentengi layanan dan keamanan sistem BukaLapak dari aksi pembobolan akun dan kejahatan cyber. “Sejauh ini transaksi di BukaLapak aman. Dan mudah – mudahan jangan sampai terjadi kasus pembobolan akun” ujarnya.

Sistem keamanan bukalapak
Sistem keamanan bukalapak

Salah satu upaya dari BukaLapak untuk meningkatkan keamanan bertransaksi di toko online-nya antara lain dengan memberlakukan sistem One Time Password (OTP). Sistem One Time Pasword ialah para pengguna harus memasukkan sederet password atau angka yang dikirimkan ke ponsel pengguna untuk menyelesaikan proses transaksi pembayaran. Password ini berlaku sekali pakai dan dengan demikian BukaLapak tidak menyimpan data kartu kredit si pengguna. Hal ini tentu sudah familiar bagi yang pernah berbelanja di BukaLapak dengan menggunakan kartu kredit. “Data kartu kredit tidak akan langsung tersimpan di akun, kita belum berani. Kita bekerjasama dengan third party, jadi hal itu hanya lewat saja dan itu di encrypt. Mungkin sedikit ribet, tapi ini lebih aman dan kita juga masih memikirkan cara yang lebih simpe namun tetap aman” ujar Achmad Zaky.

Semoga dengan terciptanya sistem baru seperti ini dapat membuat masyarakat tak perlu cemas dan khawatir jika ingin berbelanja online karena sistem ini menjamin keamanan dari kejahatan dunia online.

Shares
Share This