jayawanproperty.com- Transportasi merupakan salah satu hal penting bagi manusia, karena transportasi mampu mendukung manusia dalam melakukan berbagai aktivitas mulai dari pekerjaan hingga bepergian. Teknologi semakin berkembang transportasi pun mulai dikembangkan, Melalui trobosan dan inovasi, manusia mulai mampu menciptakan moda transportasi dengan kecepatan tinggi dan yang terdepan untuk urusan transportasi darat ialah Hyperloop.

Hyperloop adalah konsep transportasi baru dan berbeda jauh dari yang lain. Sistem ini akan mengatasi semua masalah transportasi terutama mengenai biaya, waktu perjalanan, dan kondisi cuaca. Hyperloop akan memiliki keceptan yang sama dengan kecepatan suara. Ini berarti Hyperloop akan lebih cepat dari metode transportasi konvensional lainnya. Konsep kendaraan umum ini diklaim mampu melaju lebih dari 1000 kilometer per jam. Bisa dibayangkan dengan kecepatan tersebut jarak Jakarta-Surabaya dapat ditempuh tidak sampai satu jam perjalanan darat.

Isu mengenai hyperloop semakin berkembang sejak Elon Musk, CEO Tesla Motors dan SpaceX, berencana mewujudkan mode transportasi futuristik ini secepat mungkin. Musk bersedia menginvestasikan dana untuk membangun prototype jalur hyperloop sepanjang 5 kilometer, sesuai dengan rancangan desain yang dibuat oleh tim ET3 Global Alliance sejak 1997. Bahkan kabar terakhir yang dirilis oleh Popular Science menyebutkan bahwa dalam hitungan beberapa minggu ke depan, prototype jalur hyperloop sepanjang 5 mil akan segera dibangun di California, Amerika Serikat.

Transportasi super cepat masa depan
Transportasi super cepat masa depan

Lalu apa dan bagaimana sebenarnya cara kerja transportasi super cepat ini? Salah satu yang “mahal” dari hyperloop adalah konstruksi jalur yang tidak konvensional, dan bahkan bisa dibilang satu yang paling futuristik. Jalur khusus ini berbentuk pipa dengan penampang bulat penuh dan menggunakan bahan baja. Lingkungan di dalam pipa raksasa ini dibuat mendekati vakum. Kevakuman inilah yang terpenting, sebab dengan tipisnya kepadatan udara di dalam pipa akan sangat-sangat memperkecil gesekan antara kapsul dan udara di dalam pipa tersebut. Hal inilah yang membuat kapsul mampu melaju super kencang.

Tahun 2017 HTT atau Hyperloop Transportation Technology akan memulai groundbreaking untuk pembuatan Hyperloop yang pertama kalinya.Kita tunggu saja wujud dari moda transportasi super cepat ini.

Sumber: Penggagas, Artikel Teknologi

116 Total Views 2 Views Today