Sate Kalong, Kuliner Khas Cirebon Yang Legendaris

jayawanproperty.com- Makanan ialah sesuatu yang paling penting bagi kehidupan manusia, karena tanpa makanan manusia tidak dapat mempertahankan hidup, kandungan dalam sebuah makanan merupakan sumber energy bagi manusia. Dan letak wilayah Indonesia yang luas, membuat Negara ini memiliki jenis makanan yang beragam seperti hal nya Sate.

Makanan berupa potongan daging yang ditusuk dan kemudian dibakar yang disajikan menggunakan bumbu kacang dan kecap ini identik dengan suatu daerah di Indonesia yaitu Madura. Dan tak dapat dipungkiri lagi Sate Madura cukup terkenal dikalangan masyarakat luas. Akan tetapi, di daerah yang memiliki perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah memiliki makanan serupa yang dikenal dengan sebutan Sate kalong.

Dinamakan sate kalong karena penjualnya, sejak zaman dulu, berjualan pada malam hari. Yang pertama kali muncul sekitar tahun 1930. Yang membedakan sate ini dengan daerah lainya ialah Sate kalong dibuat dari daging kerbau. Pemilihan daging kerbau bukan tanpa sebab. Selain untuk membuat beda dengan sate lainnya, juga karena dahulu masih cukup banyak pemeluk agama Hindu di Cirebon.

Sate Kalong 500X500 Membuat sate ini cukup mudah, daging kerbau terlebih dahulu direbus hingga matang kemudian dipotong kecil lalu ditusuk, sebelum proses pembakaran, daging kerbau dicelupkan ke bumbu yang terdiri dari rempah-rempah yang dicampur gula, sehingga akan berasa sedikit manis dan hal ini pula yang menjadikannya ciri khas Cirebon.

Setelah proses pembakaran selesai, sate dicampur dengan bumbu kacang yang telah dicampur dengan oncom proses penyajian seperti inilah yang membuat sate kalong berbeda dengan sate-sate dari daerah lain di nusantara.

Kota yang unik dengan 4 Keraton di dalamnya ini tak hanya terkenal dengan Nasi Lengko, Empal Gentong, Nasi Jamblang atau pun tahu Gejrot nya saja, namun Kota yang terkenal dengan sebutan Kota Wali dan Kota Udang ini masih memiliki kuliner khas yang legendaris yaitu sate kalong yang masih tetap eksis hingga saat ini. Kuliner yang satu ini bisa dijumpai di kawasan Pasar Kanoman Kota Cirebon.

 

 

Image By: Google.com

Shares
Share This