PORSENITAS Kunci Bersama, Komitmen Membangun Daerah-Daerah Perbatasan

PORSENITAS Kunci Bersama, Komitmen Membangun Daerah-Daerah Perbatasan

Cirebon- Provinsi Jawa Barat terpilih oleh Badan Kerjasama Antar Daerah (BKAD) Kunci Bersama menjadi tuan rumah Pekan Olahraga dan Pentas Seni Antar Daerah Perbatasan atau Porsenitas dan pameran pada tahun 2014 ini. Pembukaan Porsenitas Kunci Bersama dilaksanakan di Alun-alun Kejaksan dan dibuka oleh Wali Kota Cirebon, Drs Ano Sutrisno MM, Sabtu (25/10).

PORSENITAS Kunci Bersama, Komitmen Membangun Daerah Daerah PerbatasanMalam sebelum upacara pembukaan resmi Porsenitas Kunci Bersama, Jum’at 24 Oktober 2014 pukul 19.00 wib, keraton Kasepuhan Cirebon menggelar acara gala diner bersama seluruh perwakilan anggota Porsenitas Kunci Bersama dari masing-masing daerah. Acara yang bertajuk ‘welcome party’ tersebut dipimpin langsung oleh Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat, dihadiri oleh Walikota Cirebon Drs H Ano Sutrisno MM, Ketua BKAD Kunci Bersama H Aang Hamid Suganda, para atlit perwakilan ke-9 daerah, serta para pejabat dan instansi terkait. Esok harinya, Sabtu 25 Oktober 2014 Walikota Cirebon membuka Porsenitas Kunci Bersama secara resmi dalam upacara yang diselenggarakan di alun-alun kejaksan Cirebon.

Mulanya Porsenitas terbentuk dari BKAD Kunci Bersama yang awalnya adalah Kuningan Summit pada 8 Juni 2011. Dasar pemikirannya ialah kesepahaman bersama untuk mengatasi permasalahan kesenjangan kesejahteraan, kemakmuran dan layanan publik dan beberapa permasalahan lainnya yang masih jauh tertinggal di daerah perbatasan. Dari situ, BKAD Kunci Bersama mengajak para kepala daerah, para gubernur,  serta para petinggi di tingkat pusat untuk berkomitmen bersama dalam menanggulangi permasalahan di daerah-daerah perbatasan  yang merupakan lingkungan anggota. Dan rutinitas Porsenitas sebagai kegiatan bersama diharapkan bisa meningkatkan kerjasama antara Kota/Kabupaten Anggota Kunci Bersama dalam peningkatan pembangunan di daerah-daerah perbatasan.

Pada kesempatan kali ini Porsenitas hadir dalam 9 cabang olahraga yang siap dipertandingkan oleh para peserta dari berbagai daerah anggota Kunci Bersama. Ke-9 cabang olahraga ini diantaranya adalah voli, tenis meja, tenis lapangan, futsal, gerak jalan, bulutangkis, biliar, egrang dan aerobik yang isi nya terdiri dari senam kesehatan jasmani 1992 perorangan, SKJ 1992 beregu yang beranggotakan 5 orang, aerobik masal perorangan, dan aerobik masal beregu.

Porsenitas dan pameran produk unggulan akan diagendakan pada 24 hingga 29 Oktober 20014. Penunjukan kota Cirebon sebagai tuan rumah dilakukan oleh Kepala Kunci Bersama yaitu, H Aang Hamid Suganda, sebelum menjabat sebagai BKAD beliau adalah mantanBupati Kuningan 2 periode.

Dalam kesempatan kali ini beliau memastikan porsenitas dan pameran produk unggulan kali ini akan melibatkan seluruh kota dan kabupaten anggota kunci bersama untuk memeriahkan acara tersebut. Antara lain Kota Cirebon, Majalengka, Ciamis, Kota Banjar, Cilacap, Brebes dan Pangandaran.

PORSENITAS Kunci Bersama, Komitmen Membangun Daerah Daerah PerbatasanDiselenggarakan acara ini yang sudah terjadi secara rutin diharapkan dapat meningkatkan kerjasama antara kota atau kabupaten Anggota Kunci Bersama dalam tujuan meningkatkan daerah-daerah yang terletak diperbatasan. Tak hanya disitu harapannya namun juga meningkatkan sportivitas para duta olahragawan, serta menjadi salah satu promosi efektif dan strategis dalam memberikan informasi kepada kalangan pelaku dunia usaha bisnis dan investasi.

Tujuannya adalah untuk lebih mengenalkan keanekaragaman produk-produk ekonomi yang kreatif, budaya, pariwisata, dan aneka kerajinan maupun produk-produk unggulan dari tiap kota atau kabupaten anggota kunci bersama. Menurut Aang, Porsenitas merupakan perwujudan nyata kerjasama sinergi atau simbiosis mutualisme antara masyarakat, swasta dan pemerintah dalam upaya mengembangkan produk-produk unggulan daerah yangkemudian mendorong dan memotivasi masuknya investasi bagi pengembangan dan peningkatan nilai tambah yang diperoleh produk daerah yang sudah tergabung dalam Kunci Bersama dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Photo by Bhakti Gunawan / Slot Gacor

Andri Nugraha
By 26 October 2014, 09:39

Komentar