jayawanproperty.com– Era Reformasi yang meletus pada masa lampau memunculkan hal-hal baru yang mulanya dianggap tabu dan kini pun mulai dikonsumsi tanpa harus takut karena diburu. Dahulu dikekang, dan kini dibebaskan. Dunia jurnalistik serta fotografi mengalami pengekangan pada masa lampau, mereka tidak memiliki kebabasan dalam berkarya menghasilkan berita-berita kebenaran ke permukaan publik, akan tetapi setelah era kelam itu berakhir, barulah seakan dunia jurnalis fotografi memiliki kebebasan dalam berkarya yang dipayungi oleh organisasi dalam bidang ini yaitu PFI yang memiliki payung hukum dalam UUD Pers yang disahkan.

Pewarta Foto Indonesia (PFI) adalah organisasi niralaba yang bertujuan memajukan dan melindungi kepentingan pewarta foto sebagai sebuah profesi yang terhormat, memiliki keterampilan khusus dan mengemban peran sejarah dalam membuat serta menyajikan berita foto dan tulisan seluas-luasnya bagi kepentingan masyarakat umum baik melalui media masa dimana ia berkarya maupun melalui jaringan-jaringan mandiri.

Organisasi Pewarta Foto Indonesia (PFI) didirikan pada tahun 1998 sebagai sebuah tindak lanjut kebebasan pers yang lahir tatkala euforia reformasi 1998 di Indonesia, suatu periode dramatis yang dimulai sejak 1997 dan menemukan momentum sejarahnya pada bulan Mei 1998 ketika kekuasaan rezim Orde Baru berakhir. Penghapusan kewajiban mendapatkan Surat Izin Usaha Penerbitan Pers (SIUPP) dan adanya jaminan kebebasan pers oleh Undang-undang Pokok Kebebasan Pers mendorong muncul nya penerbitan media-media baru, cetak, dan elektronik. Booming-nya usaha penerbitan pers tersebut diikuti dengan meningkatnya jumlah pewarta foto.

Pada tanggal 28 Maret 2015, PFI regional Cirebon resmi terbentuk. Bertempat di Umah Kebon, Metland Hotel by Horison Cirebon. Dalam kesempatan kali ini PFI mendeklarasikan susunan kepengurusan dengan memilih beberapa orang ke dalam tubuh organisasi agar tetap bisa bergulir dan berkarya. Dodo Jatmiko terpilih menjadi  ketua PFI regional Cirebon, kemudian Sekertaris diisi oleh Miftahudin dan Bhakti Gunawan serta posisi Bendahara diduduki oleh Jerry Komara.

Kami berharap, dengan terbentuknya PFI reginal Cirebon, dapat memberi warna dan kaya akan karya fotografi jurnalisti di Cirebon, “ ujar Widodo Jatmiko setelah dilantik menjadi ketua PFI regional Cirebon.