jayawanproperty.com– Cirebon yang memiliki letak strategis sangat berpotensi sebagai daerah tujuan investasi, realitanya bisa dilihat dari pertumbuhan pembangunan di Cirebon seperti Hotel, Mall serta berbagai sarana masyarakat baru. Jika dulunya kota ini hanya menjadi tempat transit saja, kali ini kota dengan julukan kota wali ini sudah berkembang sebagai daerah tujuan para investor.

Melihat kemajuan pembangunan tersebut, sudah sepantasnya diimbangi dengan fasilitas pendukung seperti sarana jalan yang mampu menghubungkan Cirebon dengan ibu kota Jakarta serta kota-kota besar di Jawa Barat lainya agar arus lalu lintas tidak terhambat oleh kemacetan. Dengan terwujudnya hal itu, kota yang juga akrab dengan sebutan kota Udang tersebut akan jauh lebih maju karena arus informasi, bisnis serta roda perekonomian yang bergulir lebih lancar dari sebelumnya.

Tepat 13 Juni 2015, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Cipali yang diagendakan akan mulai beroperasi pada 14 Juni 2015. Tol Cipali merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia yang membentang  sepanjang 116.75 kilometer yang menghubungkan daerah Cikopo, Purwakarta dengan Palimanan, Jawa Barat. Jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang akan menghubungkan Merak, Banten hingga Banyuwangi, Jawa Timur. Dari data yang disampaikan manajemen PT Lintas Marga Sedaya (LMS) selaku operator jalan tol ini, diketahui bahwa jalan tol yang menelan investasi hingga Rp13,7 triliun ini memiliki sedikitnya 7 gerbang keluar masuk dari mulai gerbang utama Cikopo hingga Palimanan.

Menurut Wakil Direktur Utama LMS, Hudaya Arryanto “Sesuai dengan keputusan menteri pekerjaan umum dan perumahan rakyat, setelah peresmian, jalan tol ini akan dibuka untuk sosialisasi tanpa tarif selama minimum 7 hari dan diperuntukkan bagi kendaraan golongan I,” ujarnya.

GWLBwMXRsATol Cipali yang terdiri dari enam seksi ini akan mempunyai 8 rest area, 7 pintu masuk, dan 7 simpang susun ini akan dikenakan tarif sebesar Rp. Rp 96.000 untuk kendaraan Golongan I dan Rp 288.500 untuk kendaraan golongan V.

Ini merupakan bentuk dari kemajuan pembangunan dan ekonomi bangsa ini, akan banyak sekali dampak signifikan yang dirasakan banyak pihak usai berhasilnya pembangunan dan pengoperasian tol ini. Kerja keras pemerintah berbuah manis dengan terciptanya sarana yang dapat menunjang lajunya perekonomian Negara.

 

Image By: Google.com