Pantai CUDP Cirebon

jayawanproperty.com- Masyarakat Cirebon mempunyai tempat wisata laut serta pemancingan bandeng yang bertempat berdampingan dengan kantor POLAIR Cirebon CUDP merupakan kepanjangan dari Cirebon Urban Development Project 1 didirikan pada 1977, bertujuan mengatasi genangan-genangan air akibat kiriman hujan di daerah Cirebon.

Dihari-hari libur banyak ditemui anak-anak sampai orang dewasa yang berkunjung untuk melihat suasana pesisir, memancing dan berkunjung kesebuah rumah makan yang terletak di sekitar pesisir dan Pengunjung tidak dikenai tarif untuk memasuki lokasi tersebut.

Pemandangan akan tampak lebih indah apabila kita datang di pagi hari, beraromakan udara khas pesisir yang sejuk.Dan juga suasana yang indahh. Meskipun sebenarnya CUDP merupakan tempat pembuangan limbah, akan tetapi keindahan tempat ini tetap mampu menarik beberapa pengunjung untuk datang.

Program CUDP dapat menangani banjir pusat kota dan daerah pengaruh Kali Cipadu, dengan pembuatan dan rehabilitasi saluran drainase sekunder dan primer pada daerah pengaruh Kali Cipadu. Saluran drainase baru dibangun pula di Jalan Karanggetas, Jalan Pasuketan dan sekitarnya. Rumah pompa baru pun dibangun, dengan dilengkapi pemasangan pompa drainase berkapasitas 3.500 liter per detik.

Di sektor persampahan, penanganan dilaksanakan dengan membangun TPA (Tempat pembuangan akhir) Grenjeng di selatan kota. Sasarannya, 70 persen sampah dapat dibuang di tempat ini. Ditambah dengan pengadaan dump truk, kontainer, gerobak sampah.

IMG_1078 Untuk air limbah dilakukan dengan membangun Kolam Oksidasi Taman Ade Irma Suryani, seluas sekitar tempat empat hektar. Kolam ini mampu mengolah 50 persen (61 liter per detik) kepasitas air limbah pusat kota secara biologis. Pompa air limbah berkapasitas total 2.101 liter per detik pun dibangun Bersamaan pembangunan kantor air limbah, dan bangunan laboratorium air limbah

Upaya Pemda Kotamadya Cirebon melalui program CUDP-nya memang bermanfaat bagi warga kota. Kenyamanan warga dan pendatang pun, menjadi jaminan betahnya berada di kota ini.

Upaya mewujudkan Cirebon Berintan, cukup beralasan. Kota ini merupakan pusat wilayah III Cirebon, yang meliputi Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Kuningan, dan Kabupaten.

 

 

Oleh: Harja

Image By: Harja/ Slot Gacor

 

Shares
Share This