jayawanproperty.com  Pir merupakan sebuah tanaman yang berasal dari daerah beriklim tropis di Eropa Barat, Asia dan Afrika Utara. Pohon berketinggian mencapai 10-17 meter , Daun berselang-seling, berbentuk lonjong yang lebar tapi bisa juga berbentuk membujur panjang ‘lanceolate’ yang langsing. Panjang antara 2 sampai 12 cm.

Pir juga telah diketahui memiliki manfaat obat selama ribuan tahun. Ilmu pengetahuan kesehatan modern sekarang memberitahukan kita bahwa buah Pir mengandung mineral, vitamin, dan kandungan senyawa lain yang berpotensi bagi kesehatan secara luas. Senyawa aktif dalam buah Pir adalah kalium, vitamin C, vitamin K,  fenolik, folat (vitmin B9), serat , tembaga, mangan, magnesium, serta vitamin B kompleks

Bagi pencernaan kandungan serat buah pir berperan sangat penting bagi pencernaan manusia. Satu porsi buah pir menyediakan 18% dari kebutuhan asupan serat harian, jadi sangat kuat untuk kesehatan dan fungsi pencernaan. Sebagian besar serat dalam buah pir merupakan serat tak larut, yang berarti bertindak sebagai agen pengumpul di usus. Serat akan mengakumulasi makanan sehingga lebih mudah untuk melewati usus.

Beberapa waktu yang lalu sempat ramai diperbincangkan sebuah pir yang berbentuk Bayi budha yang di tanam oleh seorang petani China yang bernama Hao Xianzhang dari provinsi Hebei utara.

buah pir 500X500

Image By: Google.com

Awalnya Masyarakat sekitar menganggapnya gila karena berencana membuat sebuah tanaman pir berbuah pir berbentuk Budha, dengan kecerdasanya kemudian Hao Xianzhang mulai memasangkan fiberglass berbentuk bayi dan cetakan plastik pada setiap buah pir muda selama enam bulan.dan hasilnya Buah pir tersebut berbentuk sangat mirip dengan cetakan yang telah dibuatnya yaitu berbentuk bayi budha

Meskipun saat ini kreasinya sudah populer di Tiongkok, namun De He tidak mau berhenti untuk tetap berusaha lagi. Dia mengaku ingin membuat buah dengan bentuk yang lebih sempurna lagi. Bahkan De He berencana untuk membuat buah dengan bentuk bayi ini untuk semangka dan labu.

Lebih lanjut, dengan kreasinya ini De He berharap semoga anak-anak menjadi suka mengkonsumsi buah dan meninggalkan makanan cepat saji.

Dengan sedikit kreasi seorang petani China dapat membuat terobosan dan membuat dirinya kaya raya dan dikenal dunia. Dengan sedikit pengetahuan ini diharapkan Para petani di tanah air dapat terinspirasi dan mendapatkan sedikit motivasi.

48 Total Views 1 Views Today